Guide to Investing Program (G2I)

dailystockprice

STEP #5

PERSONAL GAME PLAN

Selamat karena  Anda sudah sejauh ini mengikuti G2I program.

Melalui G2I Program ini, saya akan memberikan informasi semua langkah-langkah, metode & strategi yang saya ketahui dalam berinvestasi di bursa saham, baik melalui Raksadana maupun saham.

 

G2I Program ini didesign dengan cara:

  • Anda mendapatkan informasinya

  • Langsung terapkan

  • Bertanya jika ada yang masih belum jelas

  • Coba lakukan lagi ... & setelah selesai …

  • Lanjutkan ke step berikutnya.

 

Penting sekali untuk mengikuti setiap langkah & melakukannya. Saya mendorong Anda untuk langsung menerapkannya. Jika Anda hanya mengetahui tentang informasinya saja tanpa tindakan, maka hasil yang Anda inginkan hanyalah impian.

Saya mendorong Anda untuk email saya ke ngurahalit@dailystockprice.net sekarang dengan subjek email ‘SAYA BERKOMITMEN MULAI BERINVESTASI DI BURSA SAHAM SEKARANG” atau email yang intinya Anda berkomitmen untuk mulai sekarang...

Terima kasih untuk emailnya.

Mulai step #5 ini, Anda akan langsung mulai melakukannya.

LINGKUP PEMBAHASAN & TUJUAN STEP #5: 

  1. Menentukan goals investasi Anda dengan jelas.

  2. Mempersiapkan game plan (rencana induk investasi) Anda untuk diterapkan & dijadikan fokus selama berinvestasi.

Salah satu kesalahan utama orang dalam berinvestasi adalah TANPA PERSIAPAN, TERBURU-BURU, TIDAK SABAR (Anda dapat kembali ke Step #1 mengenai 7 kesalahan investor umum investor di bursa saham)

Saya tidak ingin Anda mengalami hal ini.

Why?

Pertama, kita akan membicarakan apa tujuan Anda secara lebih detail. Semakin detail rencana Anda & semakin jelas apa yang Anda inginkan, maka nantinya Anda akan semakin bertahan & bersemangat menjalankannya!

Tujuan step ini adalah untuk mendorong Anda mencari tahu ‘WHY’-nya atau ‘Mengapa' Anda berencana investasi di bursa saham. ‘WHY’ ini akan menjadi sumber tenaga, semangat, alasan yang kuat untuk menjalankan, bertahan & mengembangkan investasi Anda.

Mengenai ‘WHAT’ (Apa) & ‘HOW’ (Bagaimana), adalah materi yang dibicarakan di G2I Program yang akan Anda ikuti nanti. Tidak semua akan dibahas, namun sangat cukup untuk memulai sampai Anda memiliki nilai investasi yang terus berkembang.

‘Apa’ yang akan Anda disarankan di G2I Program adalah berinvestasi di bursa saham melalui produk reksadana & saham.

‘Bagaimana’ Anda menjalankannya, akan dipaparkan secara bertahap & langkah demi langkah dalam G2I Program sampai Anda membuat keputusan & mengambil actions.

‘WHAT’ & ‘HOW’ juga akan terbuka semakin lebar informasinya seiring dengan pengalaman investasi Anda.

 

Begitu langkah awalnya Anda tahu, mempelajarinya, membuat keputusan, menjalankannya, melakukan beberapa kesalahan & terus berkembang; gerbang informasinya akan semakin terbuka lebar.

Untuk mulai tidak dibutuhkan ‘WHY’ yang kuat, namun untuk bertahan … ya.

‘WHY’ yang lebih spesifik akan Anda temukan sejalan dengan pengalaman Anda. Hanya Anda yang tahu & harus mencari sendiri ‘WHY’ nya.

Tujuan investasi bukan hanya untuk 1 atau 2 tahun saja. Tapi untuk selamanya.

Mulai Dari Hasil Akhir.

Kita mulai dari hasil akhir yang Anda inginkan.

Siapkan buku catatan Anda. Saya sarankan mulai dari buku kosong atau file baru notepad, microsoft word atau word prosessor lainnya. Anda juga dapat menggunakan fasilitas aplikasi internet gratis untuk ini.

Beberapa software yang mungkin bisa membantu:

Anggap saja ini sebagai diary Anda di dunia investasi. Semua keputusan yang Anda buat, saya sarankan ditulis sehingga memudahkan Anda evaluasi dikemudian hari.

Ingat ... waktu & uang adalah teman Anda selama berinvestasi di bursa saham. Teman kedua Anda adalah kebiasaan investasi & komitmen.

Untuk menentukan goals, ada 2 pertanyaan yang perlu dijawab:

  1. Berapa besar dana investasi yang Anda rencanakan?

  2. Kapan Anda menginginkan hal tersebut?

Anda harus tahu apa yang ingin dicapai.

Download Goals & Strategi

Beberapa Ide

Sebagai ide, terdapat aplikasi PDF di tablet yang dapat digunakan untuk menulis goals Anda ini (jika Anda sudah terbiasa menggunakan aplikasi online). Untuk aplikasi android & aplikasi ipad.

Siapkan file PDF yang telah didownload untuk mengikuti langkah dibawah ini. Ada beberapa poin penting yang perlu dipersiapkan pada dokumen PDF diatas.

  1. Goals Setting. Ada 5 pertanyaan yang perlu dipikirkan. Anda dapat menjawab pertanyaan pada kolom yang sudah disediakan. Tujuannya untuk Anda. Jika Anda menuliskan apa yang Anda inginkan & rencanakan, kecenderungan akan membuat Anda ingin segera & berkomitmen melakukannya!

  2. Point strategi 1 & 2. Beberapa ide sudah saya jelaskan pada Step #3 mengenai menentukan tujuan investasi. Saat ini adalah saat yang tepat untuk Anda menuliskannya. Jika pada Step #3 Anda telah melakukannya, ada baiknya Anda mengevaluasinya, memberikan ide tambahan & menjadikan sesuatu yang benar-benar diinginkan.

  3. Point strategi 3 & 4. Evaluasi kembali mengenai apa yang telah Anda lakukan di Step #2 mengenai aturan 72. Intinya adalah Anda perlu menentukan goals investasi yang bisa dicapai, bukan yang ‘terlihat bagus’ namun tidak memiliki ide bagaimana melakukannya.

  4. Strategi Anda. Tentukan jalan mana yang Anda pilih, namun sebagai langkah awal hal yang perlu Anda putuskan adalah berinvestasi secara terkontrol melalui reksadana. Setelah Step #11 kita akan lebih banyak membicarakan mengenai saham. 

 

Catatan:

Jika Anda berinvestasi secara pasif di reksadana, maka kemungkinan besar Anda akan menjadi seperti rata-rata orang. Saya akan memperkenalkan dengan konsep berinvestasi terkontrol melalui reksadana, sehingga pertumbuhan dana investasi Anda menjadi diatas rata-rata.

Untuk saham, akan ada metode & strategi yang akan diterapkan pada G2I program ini.

 

Kita kembali pada 2 pertanyaan diatas:

  1. Berapa besar dana investasi yang Anda rencanakan?

  2. Kapan Anda menginginkan hal tersebut?

Berapa jumlah dana investasi yang perlu dijadikan fokus? Saya akan share beberapa ide sehingga Anda mulai saat ini dapat menghitungnya. 

Ide Pertama

MENGUKUR TINGKAT KEKAYAAN ANDA SAAT INI.

Dari buku Millionaire Next Door karya Thomas J. Stanley, terdapat 3 istilah untuk mengukur kekayaan seseorang. Dari survey & analisa yang dilakukan, terbukti bahwa penghasilan & pekerjaan seseorang tidak ada hubungannya dengan jumlah kekayaan seseorang.

Kekayaan seseorang diukur berdasarkan berhasil atau tidaknya seseorang mengumpulkan kekayaan dalam jumlah tertentu. Perhitungan sederhananya adalah:

  • Jumlahkan penghasilan Anda & pasangan dalam 1 tahun penuh, baik dari pekerjaan, bisnis atau kegiatan lainnya.

  • Kurangkan hasilnya dengan pendapatan karena hasil warisan, hibah (pemberian orang tua, keluarga), hasil yang bersifat karena pemberian atau hutang. Hasil-hasil lainnya yang bukan karena hasil keringat sendiri juga Anda kurangi.

 

Contoh untuk memudahkan Anda menghitung:

  • Penghasilan Anda per tahun Rp.100juta.

  • Penghasilan pasangan per tahun Rp.100juta.

  • Bonus gabungan per tahun Rp.100juta.

  • Penghasilan bisnis per tahun Rp.100juta.

  • Hasil Investasi (sewa tanah, bangunan, dll) per tahun Rp.100juta.

  • Hasil dari sumber lainnya Rp.100juta.

  • Jadi total per tahun Rp. 600juta. 

  • Umur Anda: 40 tahun.

 

Ukuran aset normal yang perlu dimiliki: 1/10 x umur x total penghasilan tahunan.

Perhitungan berdasarkan rumus diatas: (1/10 x 40 x 600) = 2,100juta atau 2.1 Miliar.   

 

Semakin besar total penghasilan bersih yang Anda miliki dalam 1 tahun, berarti semakin besar nilai investasi yang perlu dicapai. Angka 2.1 Miliar tadi adalah jumlah total aset yang Anda miliki, baik di pasar saham maupun di luar pasar saham (misalnya properti, emas, deposito, surat berharga lainnya).

Anda dikatakan berhasil mengumpulkan kekayaan DIATAS RATA-RATA jika dana investasi Anda melebihi 1.5 x hasil perhitungan diatas. Jadi dalam hal ini 1.5 x 2.1M = 3.15 Miliar.

 

Anda dikatakan berada DIBAWAH RATA-RATA jika kekayaan Anda berada dibawah 0.5 x hasil Anda (0.5 x 2.1M = 1.05 Miliar).

Diantara kedua angka tersebut adalah angka RATA-RATA (antara 1.05M sampai dengan 3.15M).

Langkah selanjutnya:

  •  Perhitungkan seluruh aset yang Anda miliki.

  •  Dikurangi dengan hasil hibah, warisan atau bentuk pemberian lainnya.

  •  Bagaimana hasilnya? Ini adalah raport finansial Anda saat ini.

Dengan perhitungan diatas, Anda sudah mengetahui dimana seharusnya Anda berada.

Ide Kedua

MENENTUKAN TARGET DANA KELOLAAN INVESTASI MELALUI REKSADANA & SAHAM

Rekomendasi buku: 7 Habis of Highly Effective People - Steven R. Covey.

Jika melihat berbagai produk yang dikembangkan oleh manager investasi selama bertahun-tahun & melihat perkembangannya selama ini, maka investasi yang sangat konservatif (tingkat resiko yang rendah) memilki tingkat imbal hasil antara 7% sampai dengan 10% per tahun.

Berdasarkan data diatas, jika secara rata-rata saya simpulkan imbal hasil yang diperoleh adalah sekitar 8% per tahun (belum dipotong dengan pajak & biaya-biaya investasi), maka saya akan mengambil angka imbal hasil bersih sekitar 6% per tahun. 

Mengapa saya memberikan contoh ini? Karena asumsi saya, saat Anda sudah memutuskan tidak berinvestasi secara aktif & tinggal menikmati hasilnya … dan benar-benar hanya ingin mengambil dana investasi yang sudah dikumpulkan selama bertahun-tahun, ada 2 hal yang perlu dipikirkan:

  • Pastikan saatnya nanti resiko investasi yang diplih sekecil mungkin. Jauh lebih kecil dibandingkan dengan saat Anda mulai saat ini. Anda tentunya tidak ingin melihat fluktuasi dana investasi Anda terlalu besar, karena saat mulai ‘memanen’ dana investasi Anda, hal yang paling akhir diinginkan adalah nilai investasi jatuh nilainya terus menerus setiap bulan, sedangkan Anda akan mengambil dana tersebut untuk biaya hidup.

  • Pastikan dana investasi Anda minimal tetap bertahan & jika memungkinkan terus bertambah walaupun dana tersebut diambil setiap bulan untuk biaya hidup. Hal ini hanya dapat dilakukan jika dana tersebut cukup besar & perkembangan dana investasi Anda cukup stabil. Untuk mencapai hal ini, salah satu cara adalah memulai investasi sedini mungkin.

Lalu, dari hasil analisa diatas, berapa jumlah dana yang perlu Anda miliki sehingga Anda dapat menentukan target investai Anda?

Skenarionya seperti ini:

Sekarang Anda mulai berinvestasi. Anda lakukan satu tahap demi satu tahap sampai menjadi kebiasaan. Setelah mencapai goals Anda, saya asumsikan Anda ingin menghentikan kegiatan investasi & mulai ‘memanen’ apa yang telah Anda ‘tanam’.

Contoh kasus.

Misalkan saat Anda ‘panen’ nanti, kebutuhan hidup Anda adalah Rp.30juta per bulan.

Anda perlu memastikan bahwa pencairan dana investasi yang dilakukan setiap bulan tidak akan mengganggu kinerja invetasi Anda. Hal yang terakhir Anda inginkan adalah investasinya menjadi tergerus & terus berkurang bulan demi bulan sampai akhirnya habis. Sedangkan mungkin saat tibanya nanti, Anda tidak lagi memiliki penghasilan tetap & tidak ingin memberatkan beban anak-anak.

Masih ingat asumsi imbal hasil bersih 6% per tahun … yang saya asumsikan diatas?

Dengan skenario ini, maka jumlah dana investasi minimal yang Anda perlu kumpulkan adalah sebesar:

(Rp.30juta x 12 bulan) dibagi 6% = Rp.6,000juta atau 6 Miliar.

Perlu dipikirkan:

  • Kapan Anda ingin menggunakan dana investasi sebagai dana pensiun? Misalnya 15 tahun atau 20 tahun dari sekarang.

  • Perhitungkan nilai uang Anda sekarang dibandingkan dengan nilai uang yang sama pada beberapa tahun mendatang dengan tingkat inflasi/bunga bank rata-rata per tahun. Dengan cara ini Anda dapat memperkirakan nilai uang Anda pada masa yang akan datang. Kalkulator investasi future value ini dapat membantu

 
 
 
 

GOALS, RENCANA, STRATEGI & ACTIONS

Anda telah menetapkan goals.

Rencana & strategi dalam bentuk game plan investasi (Anda bisa saja menggabungkan dengan rencana investasi yang sudah dilakukan atau yang akan direncanakan selanjutnya).

Game Plan investasi dapat dibuat melalui perhitungan di Microsoft Excel secara sederhana. Luangkan waktu untuk merencanakan apa yang diinginkan. Semua hal ini adalah untuk Anda.

Jika Anda butuh bantuan, saya akan membantu Anda melakukan perhitungan, sehingga nanti dapat dilihat berapa jumlah dana yang kemungkinan dapat dikumpulkan & waktu pencapainnya.

Anda dapat memberikan data berupa:

  1.  Jumlah dana awal yang ingin diinvestasikan

  2.  Jumlah dana bulanan yang ingin dipersiapkan

  3.  Jumlah komitmen tambahan top up (penambahan dana) setiap tahun

  4.  Dan beberapa informasi data lainnya.

Untuk informasi, investasi reksadana dapat dimulai dari 100ribu sampai 1juta tergantung produk reksadana yang dipilih, sedangkan saham dapat dimulai dari 5juta sampai dengan 10juta tergantung dari perusahaan sekuritas yang dipilih.

√  DOWNLOAD contoh game plan yang telah saya buat sebagai bahan masukan Anda.

√  DOWNLOAD isian data disini & lengkapi data microsoft excel sebagai acuan dsp team menghitung, kemudian email kembali data tersebut ke workshop@dailystockprice.net. Saya akan mengevaluasi & membalas email Anda segera.

 Atau Anda dapat menggunakan kalkulator investasi yang disediakan oleh MSN MONEY. Saya akan tunjukkan cara menggunakannya pada video dibawah ini.

Ingat … semakin jelas apa yang diinginkan & tahu bahwa Anda dapat mencapainya, maka semangat Anda akan membawa pada hasil akhir yang diinginkan.

 

MENGAPA PERLU REKSADANA?

KESIMPULAN

Pada ide pertama.

  • Anda sudah mengetahui dalam kondisi finansial bagaimana seharusnya Anda berada. Anda mungkin perlu menghitung, mengevaluasi & menjadikannya suatu patokan.

  • Jika kondisi finansial yang terjadi saat ini diluar perencanaan, perlu Anda diskusikan dengan pasangan mengenai beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk membuat menjadi kenyataan.

  • Pada ide kedua.

  • Anda dapat menentukan target jumlah dana investasi & waktu kapan ingin mencapainya.

  • Tentukan sekarang targetnya & jadikan suatu rencana/game plan investasi untuk kedepannya.

Jika saat ini Anda sudah memulai investasi, bandingkan & cocokan hasilnya dengan jumlah dana yang perlukan & waktu pencapaiannya. Jika ada sesuatu yang perlu disesuaikan, sekaranglah saatnya. Jika sudah sesuai, mungkin Anda memiliki rencana lain yang lebih besar?

Tuliskan apa yang menjadi keputusan Anda di tempat yang mudah dilihat setiap hari, misalnya di kamar, komputer/laptop, smartphone … atau dimana saja.

Pikirkan bahwa Anda ‘bisa’ & ‘mudah’ mencapainya. Pikirkan bahwa nilai tersebut jelas & menjadi bagian rencana kehidupan Anda.

Saya sarankan baca beberapa buku ini untuk memberikan ide bagaimana Anda melakkan visualisasi mengenai apa yang diinginkan.

 

Sekarang, Anda sudah memiliki kepastian jumlah dana investasi yang perlu dikejar. Saran saya, komunikasikan dengan pasangan & jadikan goals bersama. Bekerja sendiri & berdua … dan saling mendukung akan menghasilkan dampak berkali lipat!

Kemudian, tulis goals tadi supaya teringat setiap saat.

Jangan lewatkan langkah ini. Jika Anda belum sempat melakukan sekarang … luangkan waktu sebelum melanjutkan.

 

Vermont Parkland G8 BSD City Tangerang Selatan 15321 - Indonesia

@dailystockprice 2009-2020 | Privacy Policy | Anti-Spam | Disclaimer | Questions? service@dailystockprice.net