Guide to Investing Program (G2I)

dailystockprice

STEP #8

MEMBANGUN KEBIASAAN INVESTASI

Sekarang saatnya menjalankan komitmen awal Anda.

LINGKUP PEMBAHASAN & TUJUAN

  1. Anda memutuskan untuk menjalankan & tetap pada rencana Anda sampai selesai.

  2. Tidak diperbolehkan ‘istirahat’. Ingat, tujuan Anda adalah untuk mempersiapkan aset investasi untuk masa depan Anda & keluarga.

  3. Menjadikan aktivitas investasi sebagai suatu kebiasaan

Mari kita rangkum sampai dengan saat ini apa yang telah Anda jalankan.

  1. Anda sudah tahu pasti mengapa menjalankan program investasi Anda. Seluruh proses yang sampai dengan saat ini dilakukan adalah sepenuhnya karena Anda yang menginginkannya. Siapapun tidak dapat memaksa Anda untuk berhenti. Poin ini sangat penting.

  2. Anda sudah memiliki tujuan yang jelas. Secara detail juga sudah mengetahui kemana arahnya & apa yang dapat diperoleh setelah semua aktivitas dijalankan. Penting sekali untuk terus memikirkan, melakukan ‘self talk’ (berbicara pada diri sendiri untuk mengingatkan apa yang menjadi tujuan Anda).

  3. Anda sudah memilih kendaraan yang digunakan untuk mencapai tujuan investasi. Sangat banyak orang di seluruh dunia melakukannya & sangat banyak yang berhasil. Tidak diragukan lagi, kendaraan yang Anda pilih sudah tepat. Hal yang membedakan adalah kecepatan Anda masing-masing. Namun, hal ini tidak menjadi masalah. Karena, pada akhirnya siapapun bisa mencapai garis finish, asal tetap bertahan & tetap menjalankannya dengan konsisten. Banyak orang berusaha terus mencari ‘kendaraan yang tepat’. Sedangkan … Anda sudah menemukannya!

  4. Anda sudah mengetahui langkah sederhana bagaimana memilih & menggunakan ‘kendaraan’. Tinggal konsisten menerapkannya saja.

  5. Bagaimana nanti memantau kendaraan investasi Anda … akan saya jelaskan di Step #9. Jadi satu siklus investasi akan Anda ketahui dengan lengkap.

Jadi, satu siklus investasi sudah & akan Anda ketahui dengan lengkap. Untuk informasi, jika seandainya Anda hanya memilih cara berinvestasi melalui reksadana seperti langkah yang sudah kita bahas, sebenarnya sudah cukup untuk mempersiapkan & mencapai goals finansial Anda.

Hal tersulit dalam berinvestasi adalah membuat komitmen jangka panjang.

Untuk memulai cukup mudah dilakukan. Anda tidak membutuhkan informasi yang banyak, karena semakin banyak informasi yang Anda ketahui, umumnya Anda akan semakin bingung dan … tidak akan pernah memulai.

Berita baiknya … Anda telah mulai.

Anda dapat mengirimkan saya email dengan subyek: ‘SAYA AKAN BERINVESTASI, SAMPAI MENJADI SUATU KEBIASAAN’.

Kebiasaan investasi perlu dibangun paling tidak selama 3 bulan sampai 6 bulan kedepan, tergantung dari Anda. 

Tiga bulan sampai 6 bulan awal ini akan menentukan komitmen Anda.

Saya tidak akan mengatakan mudah, namun bisa & cukup sederhana dijalankan.

Saya tidak bisa memotivasi atau mendorong Anda untuk melakukannya. Anda yang harus mengambil keputusan untuk membentuk kebiasaan ini.

"Kebiasaan akan menjadi ada jika Anda semangat melakukannya atau Anda memiliki tujuan sehingga menjadi semangat".

Jika kebiasaan Anda sudah terbentuk, maka secara otomatis Anda akan konsisten melakukannya. Nanti akan ada satu saat dimana Anda merasa perlu & harus melakukannya, seperti Anda merasakan memiliki kebutuhan untuk berinvestasi.

Jika Anda sudah pada level tersebut, siapapun akan sulit menarik Anda untuk tidak melakukannya lagi.

Untuk membentuk kebiasaan ini, Anda akan memerlukan ‘bantuan’. Saya sarankan Anda mencari ‘bantuan’ melalui buku, audio cd, seminar, webinar yang tujuannya mengingatkan & memberikan inspirasi. 

Selama membentuk kebisaan ini, Anda perlu mencari sesuatu yang mendorong Anda terus menerus dari dalam (bukan dari luar). 

Contoh dari luar misalnya Anda ‘mendorong’ & memotivasi orang lain untuk berbuat sesuatu. Orang yang Anda ‘dorong’, akan menjalankan sesuatu karena Anda yang ‘mendorongnya’. Kejadian seperti ini dikatakan bahwa orang tersebut melakukan sesuatu karena sumber dari ‘luar’.

Contoh lainnya, Anda bersemangat melakukan sesuatu karena mungkin bergabung dalam lingkungan/forum tertentu yang memberikan motivasi, atau hal-hal yang sumbernya dari luar Anda. Betul, hal ini penting, namun biasanya umurnya tidak lama. Cepat lupa & pudar jika tidak ada lagi yang mendorong Anda. Sama seperti mobil mogok yang didorong. Bisa berjalan, namun hanya sampai gaya dorongnya hilang.

Intinya, Anda perlu motivasi dari dalam diri Anda. Saat ini, paling tidak saya sudah mengetahui bahwa Anda memiliki satu hal yang memotivasi Anda, yaitu sudah memiliki tujuan yang jelas. Saya rasa Anda pasti semangat terhadap hal itu. Tidak ada yang lebih baik dari apa yang sudah direncanakan sendiri!

Seperti yang telah saya singgung sebelumnya, pengalaman saya juga mengatakan, bahwa jalan terbaik untuk mencari dorongan dari dalam adalah melalui buku, seminar, audio cd atau webinar. Anda perlu mencarinya.

Berikut beberapa buku yang saya sarankan untuk dibaca. 

Materi atau ide lain yang perlu dijalankan, akan saya share secara rutin melalui email Anda. Pastikan untuk membuka emailnya, siapa tahu ada yang cocok untuk Anda.

Bagaimana melakukannya?

 

Langkah berikut akan dapat memberikan ide.

  1. Ambil keputusan untuk mulai investasi sekarang … sampai selesai.

  2. Mulailah sekarang.

  3. Lakukan lagi bulan depan.

  4. Jaga ‘antena’ investasi Anda dengan menambah kosa kata investasi secara teratur. Baca secara rutin (tidak perlu lama) mengenai bidang investasi. Kosa kata akan sangat mempangaruhi kemana Anda melangkah.

  5. Lakukan lagi bulan depannya.

  6. Lihat selalu goals & rencana investasi Anda. Saran saya, tempel goals/tujuan Anda ditempat yang mudah dilihat setiap hari. Bicarakan secara rutin dengan pasangan/orang dekat Anda.

  7. Lakukan lagi … dan jangan berhenti.

  8. Akan ada saat dimana Anda ingin berhenti … teruskan.

  9. Anda akan menemukan waktu dimana terlalu sibuk untuk berinvestasi … lakukan saja.

  10. Akan ada hal yang membuat Anda ingin ‘hanya berhenti untuk bulan ini saja’ … jangan hiraukan … lakukan saja.

  11. Mungkin teman, saudara atau siapun memerlukan bantuan Anda sehingga bulan tersebut tidak memiliki dana untuk diinvestasikan. Investasikan dana sesuai dengan goals & komitment Anda … baru Anda bantu orang lain. Lakukan saja terus …

  12. Mungkin Anda perlu sekali dana investasi untuk kebutuhan yang mendesak. Anda sangat memerlukannya bulan itu (Bahkan Anda sampai berjanji untuk mengembalikannya nanti). Jangan lakukan! Cari sumber dana yang lain yang bisa menutupinya. Teruskan komitmen Anda.

  13. Lakukan saja. Jangan berhenti. Ingat tujuan Anda.

Saya bisa melanjutkan terus menerus. Ada 1001 kendala (saya lebih suka mengatakan sebagai tantangan) di depan Anda nantinya. Tantangan adalah bagian dari kegiatan investasi Anda. Jika tidak ada tantangan, akan terasa hambar.

Jika Step #8 ini sudah dilewati, selanjutnya semuanya menjadi lebih mudah & sederhana. Lihat saja nanti, Anda pasti akan mengalaminya!

Untuk memastikan, silahkan dilihat kembali Step #7 & melihat secara detail kembali Check List yang saya berikan. Pastikan semua sudah dijalankan.

Step #1 sampai Step #8 akan menjadi dasar, prinsip & pondasi Anda berinvestasi melalui reksadana … bahkan prinsip tersebut juga akan digunakan sebagai prinsip dasar berinvestasi di saham secara langsung.

Sebagian besar orang/investor melewatkan langkah-langkah tersebut.

Saya akan review sekali lagi:

  1. Mengetahui ‘mengapa' berinvestasi, bukan ‘apa’ & ‘bagaimana’. Jika Anda mengetahui alasan ‘mengapa’, maka ‘apa’ & ‘bagaimananya’ pasti Anda temukan.

  2. Menentukan goals & tujuan investasi dengan jelas. Mengetahui kemana Anda akan melangkah.

  3. Mencari tahu ‘apa’ & ‘bagaimana’ dengan melakukan tindakan investasi secara sederhana. Mengambil langkah untuk mencari informasi yang tepat, bertanya & menambah kosa kata di bidang investasi akan menjawab semua pertanyaan Anda. Dalam langkah ini, penting untuk diketahui, tidak semua informasi baik untuk Anda. Pastikan mencari dengan mengukur batasan resiko yang jelas.

  4. Mengambil keputusan & bertindak sesuai dengan langkah-langkah sebelumnya. Kebanyakan orang menunda karena merasa belum memiliki informasi yang cukup atau hal teknis lainnya yang fokus dalam hal menjawab pertanyaan seputar ‘apa’ & ‘bagaimana’. Namun sebenarnya, hal yang belum terjawab adalah pertanyaan ‘mengapa’.

  5. Membangun kebiasaan investasi. Menjalankan hal ini tidak mudah, namun bisa dilakukan.

  6. Berkomitmen sampai tujuan Anda tercapai. Setiap orang membutuhkan bantuan untuk hal ini, fokus mencari inspirasi yang datangnya dari dalam. Gunakan alat-alat seperti buku, audio cd, seminar, webinar, dll.

UNTUK DIRENUNGKAN

Apakah Anda puas dengan kondisi keuangan Anda saat ini?

Jika tidak, apakah Anda akan melakukan suatu rencana & perubahan untuk memperbaiki kondisi Anda?

Kalau saat ini Anda bekerja 50-70jam seminggu atau bahkan lebih & menghasilkan  sejumlah uang Rp.X, sebagai pendapatan bulanan Anda, apakah Anda berencana untuk meningkatkan pendapatan tsb dengan cara berinvestasi di bursa saham?

Banyak orang ingin mendapatkan hasil yang besar di bursa saham tapi ironisnya hanya bersedia meluangkan sedikit waktu untuk berencana, belajar & bertindak di Bursa Saham.

Tentunya tidaklah adil jika 50-70 jam seminggu menghasilkan Rp.X, tapi untuk mendapatkan hasil 2X di bursa saham hanya bersedia meluangkan waktu 1-2 jam seminggu...

Sering kali seorang Investor mengatakan "tapi kan saya tidak punya banyak waktu atau saya sibuk sekali di kantor/usaha.... jadi ga bisa memantau saham terus menerus."

Memang benar memantau pergerakan naik turunnya saham memakan waktu banyak & juga melelahkan bagi sebagian orang.

Untuk menghasilkan aset besar di bursa saham, sangat diperlukan investasi UANG & WAKTU. Investasi waktu yang dibutuhkan adalah untuk belajar, membuat rencana, mengambil keputusan & bertindak. Jadi bukan semata-mata duduk di hadapan layar komputer & menatap naik turunnya harga saham. Karena hal tsb membuat Anda tidak dapat mengontrol kenaikan portoflio aset Anda.

Jika Anda ingin perubahan keuangan yang signifikan, SEKARANG saatnya yang paling tepat untuk memulai & mengambil langkah pertama investasi. Anda harus melakukan sesuatu untuk membentuk kebiasaan investasi, sampai menjadi pola pikir yang dapat dijalankan dengan otomatis.

Step-step selanjutnya … kita akan membicarakan hal teknis.

Vermont Parkland G8 BSD City Tangerang Selatan 15321 - Indonesia

@dailystockprice 2009-2020 | Privacy Policy | Anti-Spam | Disclaimer | Questions? service@dailystockprice.net